Peramalan
Penjualan Produk Herbal PT Putro Doho Suryo Agung
BAB I PENDAHULUAN
Pada
saat ini persaingan antara satu perusahaan dengan perusahaan lain sangat ketat,
masing-masing perusahaan saling berusaha untuk menjadi yang terbaik dan
memperoleh keuntungan yang besar. Dibutuhkan perhitungan-perhitungan yang tepat
dan akurat agar perusahaan dapat bertahan dalam persaingan, karena itu
perusahaan harus berhati-hati dalam setiap pengambilan keputusan.
Forecasting
atau peramalan adalah kegiatan di mana perusahaan melakukan analisis untuk
memperkirakan permintaan akan barang dan jasa di tahun mendatang. Peramalan
dapat membantu perusahaan dalam mengambil keputusan sehingga kerugian atau
ketidakpastian dapat dihindari, dalam situasi saat ini di mana perusahaan
membutuhkan informasi yang akurat dan cepat mengenai produk barang atau jasa
yang mereka jual agar dapat mengambil keputusan dengan cepat. Peramalan juga
membantu perusahaan untuk mengetahui apakah produk yang mereka jual mengalami
peningkatan atau penurunan penjualan setiap tahunnya.
Pada
saat ini masyarakat sudah mulai sadar akan pentingnya kesehatan, sehingga saat
ini banyak dari mereka yang lebih memilih produk-produk herbal. Produk herbal
banyak diminati karena terbuat dari bahan-bahan alami yang dapat bermanfaat
bagi kesehatan, selain dapat menjaga kesehatan produk herbal juga dapat
menyembuhkan beberapa penyakit jika dikonsumsi secara rutin.
Beberapa
tahun terakhir penjualan produk herbal PT Putro Doho Suryo Agung mangalami
peningkatan . Hal inilah yang membuat saya tertarik untuk mengambil judul
Penulisan Ilmiah “Peramalan Penjualan
Produk Herbal PT Putro Doho Suryo Agung”.
1.2 Perumusan dan Batasan Masalah
Perumusan
masalah merupakan hal yang penting dalam suatu penelitian, ini diperlukan agar
batasan masalah menjadi jelas sehingga dapat dijadikan pedoman dalam melakukan
penelitian. Penulis membatasi masalah peramalan pada penjualan produk PT Putro
Doho Suryo Agung dari data pada bulan Januari 2010 – Januari 2012 yang
dijadikan dasar perhitungan.
1.3 Tujuan Penelitian
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui peramalan penjualan produk herbal dan metode apa
yang paling tepat digunakan oleh PT Putro Doho Suryo Agung.
1.4.1 Manfaat Akademis
Penelitian
ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi mahasiswa dibidang
peramalan penjualan.
1.4.2 Manfaat Praktis
Penelitian
ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan untuk PT Putro Doho Suryo Agung
untuk meningkatkan penjualan produk herbalnya.
1.5 Metode Penelitian
Untuk
mendapatkan data yang dibutuhkan dalam penelitian ilmiah ini, penulis
menggunakan beberapa metode yaitu:
1.5.1 Objek Penelitian
Objek
penelitian ini adalah PT Putro Doho Suryo Agung, jalan Haji Matasan 4 nomor 661
Kebagusan Jakarta Selatan. Bergerak dibidang Herbal.
1.5.2 Data atau Variabel
Penelitian
ini menggunakan data penjualan produk herbal setiap bulannya pada PT Putro Doho
Suryo Agung selama 3 tahun berturut-turut yaitu dari bulan Januari 2010 –
Januari 2012
1.5.3 Metode
Pengumpulan Data atau Variabel
1. Wawancara
Peneliti
melakukan tanya jawab dengan pihak perusahaan terutama yang mengetahui secara
detail mengenai penjualan produk perusahaan.
2. Studi Pustaka
Peneliti
juga menggunakan buku-buku yang berhubungan dengan masalah peramalan untuk
mendapatkan data yang dibutuhkan dalam penelitian.
1.5.4 Alat Analisis yang Digunakan
Sesuai dengan tujuan
penelitian untuk mengetahui peramalan penjualan tahun yang akan datang, maka
menggunakan metode kuantitatif, yaitu:
- Moving Average
- Weight Moving Average
- Exponential Smoothing
2.1 Kesimpulan
Peramalan penjualan dapat membantu dalam
menentukan keputusan apa yang akan diambil oleh perusahan dan dapat memberikan
gambaran penjualan produk di tahun selanjutnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar